Bahasa Inggris adalah bahasa dunia walaupun memang ada 5 (lima) bahasa utama di dunia ini yang diakui sebagai bahasa International, namun kedudukan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam pergaulan internasional tetaplah dominan. Dengan menguasai Bahasa Inggris, semakin lancarlah pergaulan termasuk pergaulan dengan berbagai alat dan aplikasi modern yang hampir keseluruhan menggunakan Bahasa Inggris.

Para pimpinan Mahkamah Agung menyadari betul pentingnya kemampuan Bahasa Inggris bagi aparatnya yang walaupun belum akan digunakan dalam tataran percakapan sehari-hari namun tetap diharapkan bermanfaat dalam memperlancar pelaksanaan tugas dan menambah pengetahuan, salah satunya adalah memahami teknologi informasi yang banyak tersaji dalam Bahasa Inggris.
selain itu, aparatur Mahkamah Agung harus mampu untuk sewaktu-waktu dituntut tampil memberikan presentasi baik mengenai bidang tugasnya maupun di luar bidang tugasnya.

Bekerjasama dengan Lembaga Bahasa Asing LIA Pajajaran Bogor, Pusdiklat Mempin Mahkamah Agung Republik Indonesia menyelenggaran pelatihan Bahasa Inggris yang salah satu materinya adalah Presentasi Efektif Dalam Bahasa Inggris (Effective English Presentation/EEP). Pelatihan yang dilaksanakan secara daring (online) tersebut telah mulai dilaksanakan pada tanggal 16 - 24 Juli 2020 selama 7 hari pelajaran dan berlangsung selama 2 (dua) sesi, pagi dan siang untuk tahap pertama dan tanggal 4 -10 Agustus 2020 untuk tahap kedua.

Peserta dari Pengadilan Tata Usaha Negara Yogyakarta yang mengikuti pelatihan tersebut adalah Ella Rosiana, Endang Prihanti Sukamto, dan Jonaidi Madri dari kepaniteraan pada periode pertama dan Maria Fransisca Walintukan dari Hakim yang saat ini (7/8/2020) masih mengikuti pelatihan tersebut.

Adapun materi pelatihan adalah belajar membuat rencana presentasi yang efektif dengan memperhatikan setiap aspek terutama audiens sehingga pesan yang ingin disampaikan melalui presentasi tersebut dapat diterima oleh pendengar atau pemirsa.  Dalam pelatihan tersebut juga dilakukan latihan mengucapkan kata-kata (pronounciation) yang baik dan benar, mengerjakan tugas-tugas yang diberikan tentor, termasuk mengasah kemampuan Bahasa Inggris melalui permainan (game).

Dengan adanya pelatihan ini, diakui oleh Para Peserta selain menambah pengetahuan dan kosa kata (vocabulary), hal paling mendasar yang diperoleh adalah menambah rasa percaya diri (confidence) dan juga menambah teman yang berasal dari aparat peradilan seluruh Indonesia.

Happy training to Your Honor Maria Fransiska Walintukan who is still in training. Hopefully the cas-cis-cus will run smoothly.  (djunai)

   
   

Pedoman Gugatan  

   

Informasi Cepat  

 

 

   

Link Terkait  

   

Lokasi PTUN YOGYAKARTA Samping  

   

Statistik Website  

614360
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu lalu
Bulan ini
Bulan lalu
Semua Hari
415
630
3235
207227
12293
16854
614360
IP Anda: 18.208.202.194
2020-09-25 13:53
   
© Copyright © 2019 Tim - IT Pengadilan Tata Usaha Negara Yogyakarta