(Yogyakarta, 18/03/2021) Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Yogyakarta beserta para Hakim mengikuti Acara Hari Ulang Tahun Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) ke 68 secara Virtual, yang acaranya  berlangsung dari Command Center Mahkamah Agung Republik Indonesai. Kegiatan tersebut langsung dibuka oleh Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Prof. Dr. M. Syarifuddin, SH., MH. Acara diawali dengan Menyanyikan Lagu kebangsaan Indonesia Raya, Hymne dan Mars IKAHI dilanjutkan dengan Penyampaian Laporan oleh Ketua Panitia Dr Sofyan Sitompul,SH.,MH dan Sambutan Ketua Umum PP IKAHI Dr. Suhadi,SH.,MH

Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia dalam sambutannya pada garis besarnya mengungkapkan, bahwa Panggilan “Yang Mulia” yang di tujukan kepada kita, bukan untuk kita bangga-banggakan, melainkan harus menjadi pengingat bagi kita, bahwa kemuliaan dari jabatan hakim itu tidak diukur dari kewenangan dan kekuasaanya yang besar, melainkan diukur dari sikap dan prilaku kita sendiri. Sikap dan prilaku kitalah yang akan menentukan, apakah kita layak atau tidak untuk dipanggil dengan sapaan Yang Mulia. Artinya, jika sikap dan prilaku kita tidak lebih baik dari orang-orang yang kita adili, maka sesungguhnya kita tidak layak untuk menyandang sapaan Yang Mulia.

Diakhir sambutannya Ketua Mahkamah Agung  berpesan agar selalu untuk menjaga kekompakan dan soliditas di antara sesama anggota IKAHI. Seorang hakim dilarang untuk saling mengintervensi dan mengomentari perkara yang diadili oleh sesama hakim  yang  lain. Kita harus membiasakan diri untuk tidak mengatakan semua yang kita pikirkan, jika itu akan menimbulkan gangguan bagi kemandirian hakim yang lain. Hakim harus lebih banyak mengungkapkan pemikirannya di dalam pertimbangan putusan, bukan di media sosial, atau di ruang publik lainnya, kecuali dalam kaitannya dengan kajian-kajian ilmiah di forum akademik.

Setelah selesai acara virtual dengan Ketua mahkamah Agung, Pengadilan Tata Usaha Negara Yogyakarta melanjutkan kegiatan Puncak Acara peringatan hari ulang tahun IKAHI ke 68 di ruang sidang utama Pengadilan Tata Usaha Negara Yogyakarta dengan acara Potong Tumpeng. Tema HUT IKAHI adalah “Soliditas IKAHI Dalam Mengawal Modernisasi Peradilan di Era Pandemi Covid-19 Menuju Peradilan Yang Agung”. Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Surabaya yang kebetulan bersamaan kegiatan pembinaan, Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Yogyakarta beserta seluruh Hakim. (bs)

   
   

Pedoman Gugatan  

   

Informasi Cepat  

 

 

   

Link Terkait  

   

Lokasi PTUN YOGYAKARTA Samping  

   

Statistik Website  

806582
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu lalu
Bulan ini
Bulan lalu
Semua Hari
29
872
1715
397956
12209
22667
806582
IP Anda: 34.239.157.140
2021-06-15 00:33
   
© Copyright © 2019 Tim - IT Pengadilan Tata Usaha Negara Yogyakarta