(Yogyakarta, 07/04/2021) Dalam rangka Tridasawarsa Peradilan Tata Usaha Negara, telah diselenggarakan webinar dengan tema "Kontrol Yudisial Terhadap Penyalahgunaan Wewenang Badan Dan/Atau Pejabat Pemerintahan Pasca Undang-Undang Cipta Kerja”.   Pelaksanaan kegiatan berlangsung dari Command Center Mahkamah Agung, sedangkan untuk seluruh Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara Yogyakarta mengikuti secara online di ruang sidang utama Pengadilan Tata Usaha Negara Yogyakarta.  Acara dibuka langsung oleh Ketua Mahkamah Agung RI,  Yang Mulia Prof. Dr.Syarifuddin,SH.,MH. Setelah pembukaan acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung yang diikuti oleh seluruh peserta kegiatan.

Selanjutnya penyampaian kata Sambutan oleh Ketua Kamar Tata Usaha Negara M A, Prof. Dr.H.Supandi,SH.,M.Hum. Pada Pokoknya beliau menyampaikan bahwa Pengadilan Tata Usaha Negara di usia 30 tahun  bukan usia muda lagi, tetapi sudah dapat dikatakan mulai memasuki usia yang matang. Selayaknya peradilan tata usaha negara dapat memberikan bukti nyata berupa kontribusi dan prestasi-prestasi dalam memajukan hukum, maupun memberi kontribusi aktif dalam mewujudkan visi dan misi Mahkamah Agung. Terlebih di era teknologi komunikasi dan informasi seperti saat ini. Kader-kader peradilan tata usaha negara harus mampu cepat beradaptasi dan muncul sebagai insan-insan peradilan yang dapat bahu membahu dan bekerja sama baik di internal peradilan TUN, maupun dengan lingkungan peradilan lainnya,

Sambutan berikutnya oleh Ketua Mahkamah Agung RI yang pada pokoknya beliau menyampaiakan, bahwa dampak atau implikasi dari disahkannya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja baik secara langsung maupun tidak, pasti membawa pengaruh dalam berbagai sektor hukum. Untuk itu beliau berpesan agar  para hakim dituntut untuk dengan cepat memahami dan menguasai undang-undang ini, agar kemudian dapat memutus sengketa yang berkaitan dengan Undang-Undang Cipta Kerja dengan tetap mengedepankan asas keadilan.  Yang Mulia juga telah menghimbau kepada Para Yang Mulia Ketua Kamar dan direktorat jenderal peradilan yang terkait dengan Undang-Undang Cipta Kerja ini, untuk segera menginventarisasi perubahan-perubahan hukum materiil dan formil, serta menyusun kerangka acuan yang dapat dijadikan guideline penerapan Undang-Undang Cipta Kerja oleh para hakim di tingkat pertama dan banding. Diakhir sambutan, KMA berpesan kepada keluarga besar peradilan tata usaha negara, khususnya kepada para hakim agar selalu meningkatkan kapasitas pengetahuan dan kemampuan yuridis, dengan tetap berpegang pada integritas dan profesionalisme. Pengetahuan yang kokoh akan memajukan, sementara integritas akan menyelamatkan dan memuliakan. Karenanya, bersemangatlah dalam menimba pengetahuan, ikhlaslah dalam bekerja, dan tetap jaga integritas, semoga Peradilan Tata Usaha Negara dapat terus ikut berperan aktif dalam menjaga dan menegakkan marwah Mahkamah Agung dan badan peradilan di bawahnya.

Kemudin dilanjutkan acara pokoknya yaitu seminar dalam rangka peringatan ulang tahun pengadilan tata usaha negara ke 30 secara on line dengan moderator Dr. Disiplin F. Manao, S.H., M.H. Dengan empat narasumber yaitu Prof. Dr. Abdul Latiet S.H, M. Hum dengan materi “Kontrol Yudisial terhadap penyalahgunaan wewenang Badan atau Pejabat Pemerintahan melalui sarana Hukum Pidana”. Prof. Dr. Zudan A. Fakrullah, S.H., M.H dengan materi “Perkembangan Politik Hukum Atas Kontrol Yudisial Terhadap Penyalahgunaan Wewenang Badan atau Pejabat Pemerintahan”. Prot Dr. M. Guntur Hamzah, S.H., M.H dengan materi “Kontrol Yudisial Terhadap Penyalahgunaan Wewenang Badan atau Pejabat Pemerintahan melalui sarana administrasi”. Prof Dr. Indriyanto S. Adji, S.H., M.H. dengan materi Ius Constituendarn : “ Harmonisasi  Kontrol Yudisiol Terhadap Penyalahgunaan wewenang Badan atau Pejabat Pemerintahan”. (bs)

   
   

Pedoman Gugatan  

   

Informasi Cepat  

 

 

   

Link Terkait  

   

Lokasi PTUN YOGYAKARTA Samping  

   

Statistik Website  

806510
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu lalu
Bulan ini
Bulan lalu
Semua Hari
829
814
1643
397956
12137
22667
806510
IP Anda: 34.239.157.140
2021-06-14 23:30
   
© Copyright © 2019 Tim - IT Pengadilan Tata Usaha Negara Yogyakarta