(Jogjakarta, 14/06/2021) –Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Yogyakarta HERISMAN, S.H., S.Sos, M.AP, M.H didampingi Sekretaris dan pejabat struktural kesekretariatan, mengikuti webinar Exit meeting Pemeriksaan Laporan Keuangan Tahun 2020 oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. Sebagaimana diketehaui Badan Pemeriksa Keuangan telah  melakukan pemeriksaan atas laporan keuanga tahun 2020 pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang berada di bawahnya selama 90 hari, dimulai sejak tanggal 20 Januari 2021 pada 5 wilayah yang menjadi objek pemeriksaan yaitu Seluruh Satuan Kerja di Wilayah Jakarta, Sumatera Utara, D.I. Yogyakarta, Kalimantan Barat dan Jawa Timur.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne Mahkamahkamah Agung, kemudian sambutan yang disampaikan oleh Sekretaris Mahkamah Agung RI , Dr. Hasbi Hasan, S.H., M.H. Dalam sambutannya beliau  Mewakili Pimpinan Mahkamah Agung mengucapkan selamat dan terima kasih kepada seluruh Jajaran atas pencapaian di bidang Kesekretariatan pada Tahun 2020 yang dapat mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) hingga 9 kali berturut-turut.  Sebagaimana diketahui bahwa Mahkamah Agung telah meraih kembali opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Laporan Keuangan Mahkamah Agung Tahun 2020 atas penyajian secara wajar dalam semua hal yang material, dan tentunya sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) yang sudah ditetapkan. Dengan diraihnya opini dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tahun 2020, Mahkamah Agung telah meraih WTP sebanyak 9 kali sejak tahun 2012 hingga tahun 2020. Semoga semua yang sudah dikerjakan menjadi amal ibadah dan hasil tersebut janganlah membuat cepat berpuas diri, karena masih terdapat permasalahan-permasalahan yang membutuhkan penyelesaian secara intensif di tahun 2021 dan tahun mendatang.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Ahmad Adib Susilo S.E., M.Sc., Ak., CA, CSFA dari Badan Pemeriksa Keuangan yang memaparkan secagaris besar terkait hasil pemeriksaan. Dalam paparan disampaiakan pada prinsipnya bahwa Badan Pemeriksaan Keuangan telah menemukan kelemahan-kelemahan pengendalian internal dan kepatuhan terhadap ketentuan perundang-undangan dalam pemeriksaan Laporan Keuangan Mahkamah Agung dan badan peradilan dibawahnya Tahun 2020. Kemudian atas temuan-temuan tersebut agar segera ditindaklanjuti. Dengan selesainya paparan tersebut, maka berakhir pula kegiatan exit meeting tersebut. Dengan adanya pemeriksaan tersebut, diharapkan Mahkamah Agung dan badan peradilan dibawahnya dapat mengetahui kekurangan, kelemahan serta kesalahan dalam pengelolaan APBN sehingga Mahkamah Agung dan badan peradilan dibawahnya ke depan dapat memitigasi dan meminimalisir kesalahan atas realisasi anggaran dan pengelolaan keuangan negara demi terwujudnya pengelolaan APBN yang transparan, handal dan akuntabel. (BS) 

   
   

Pedoman Gugatan  

   

Informasi Cepat  

 

 

   

Link Terkait  

   

Lokasi PTUN YOGYAKARTA Samping  

   

Statistik Website  

872136
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu lalu
Bulan ini
Bulan lalu
Semua Hari
416
831
2036
465219
14811
21008
872136
IP Anda: 3.236.212.116
2021-09-21 09:06
   
© Copyright © 2019 Tim - IT Pengadilan Tata Usaha Negara Yogyakarta