SAPDA telah memberikan apresiasi kepada 28 pengadilan dampingan SAPDA diberikan kepada Pengadilan Tinggi, Pengadilan Tinggi Agama, Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, Pengadilan Tata Usaha Negara hingga Pengadilan Militer. Di samping itu, SAPDA juga memberikan apresiasi khusus kepada 8 pengadilan dengan pencapaian terbaik dalam penyediaan akomodasi yang layak bagi penyandang disabilitas.

Pemantauan yang telah dilakukan SAPDA kepada 28 pengadilan mitra dampingan menemukan sejumlah situasi berkaitan dengan sumber daya manusia; penyediaan sarana prasarana; kebijakan layanan; kerjasama dengan organisasi disabilitas atau pihak lain; serta hambatan dan tantangan dalam mewujudkan peradilan inklusif.

Berkaitan dengan sumber daya manusia, hasil pemantauan SAPDA menunjukkan bahwa 26 dari 28 pengadilan telah memfasilitasi peningkatan kapasitas mengenai isu disabilitas kepada para aparaturnya, baik melalui SAPDA maupun Mahkamah Agung.

Kemudian, berkaitan dengan kerjasama, hasil pemantauan SAPDA menunjukkan bahwa 20 dari 28 pengadilan telah menjalin kerjasama dengan pihak-pihak yang berkaitan dengan pelayanan bagi penyandang disabilitas, seperti layanan kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Sekolah Luar Biasa, layanan pendamping disabilitas, layanan Juru Bahasa Isyarat, hingga layanan psikiater dan psikolog.

Selanjutnya, berkaitan dengan penyediaan sarana dan prasarana, hasil pemantauan SAPDA menunjukkan bahwa 26 dari 28 pengadilan telah menyediakan sarana dan prasarana bagi penyandang disabilitas secara lengkap. 

Terakhir, berkaitan dengan hambatan dan tantangan, hasil pemantauan SAPDA menunjukkan bahwa mayoritas pengadilan mengalami hambatan seputar alokasi anggaran serta sumber penyediaan blok pemandu atau guiding block yang ideal bagi penyandang disabilitas netra.

   
   

Informasi Layanan Dan Pengaduan  

 

 

 

 

 

   

Informasi Cepat  

 

 

   

Link Terkait  

   

Lokasi PTUN YOGYAKARTA Samping  

   

Statistik Website  

1067613
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu lalu
Bulan ini
Bulan lalu
Semua Hari
1236
1398
6707
654421
22199
22111
1067613
IP Anda: 34.231.247.88
2022-05-28 17:47
   
© Copyright © 2019 Tim - IT Pengadilan Tata Usaha Negara Yogyakarta