Yogyakarta, 10 Februari 2022, Bertempat di Ruang Sidang Utama, PTUN Yogyakarta bersama Bawaslu DIY menyelenggarakan kegiatan Forum Bersama. Tujuan dari forum bersama ini untuk melakukan persiapan dalam menghadapi tahapan Pemilu tahun 2024 yang berpotensi terjadinya permohonan sengketa. Kegiatan  Forum Bersama ini juga diikuti oleh Para Hakim dan Bawaslu Kabuten/Kota se-DIY sebagai audiens agar terjalin koordinasi dalam rangka pencegahan dan penyelesaian sengketa proses pemilu oleh Bawaslu maupun PTUN.

Forum bersama dipimpin dan dibuka oleh Ketua PTUN Yogyakarta, Herisman , S.H., S.Sos., M.A.P., M.H., yang didampingi oleh Wakil Ketua PTUN Yogyakarta, Dr. Agus Budi Susilo. S.H., M.H. dan Ketua Bawaslu DIY, Bagus Sarwono, S.Pd.Si.,MPA. Beliau pada kesempatan kali ini mengucapkan selamat datang kepada seluruh anggota Bawaslu, yang kemudian menyampaikan bahwa berkaitan adanya pemilu yang akan diadakan di tahun 2024, perlu dikedepankan persamaan persepsi sesuai dengan dasar hukum yang dikeluarkan oleh MA mengenai Pemilu (Perma No 5 Tahun 2017), dimana dari Bawaslu sendiri dasar hukumnya adalah Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017. Kedua peraturan tersebut menjadi dasar penyelenggaraan kegiatan ini. Setelah itu, acara pun dilanjutkan pemaparan materi yang disampaikan dari Bawaslu, Sutrisnowati, S.H., M.H., M.Psi., (Koordinasi Divisi Penyelesaian Sengketa) dan dari PTUN Yogyakarta, Prastetyo Wibowo, S.H., M.H.

Tahap pendaftaran dan Verfak Parpol sangat panjang dan berpotensi terjadinya permohonan sengketa berkaitan  dengan penetapan Partai Politik peserta Pemilu. Wakil Ketua PTUN Yogyakarta, selaku moderator, turut menyampaikan bahwa penyamaan persepsi mungkin bisa dilakukan. Namun yang sulit dilakukan adalah menyepakati persepsi. Hal ini dikarenakan adanya nilai independensi yang harus dihormati oleh masing-masing lembaga.  Baik dari PTUN dan Bawaslu menyampaikan masing-masing sesuai kewenangan dan kompetensi lembaga.  Hal ini agar tidak terjadi kesalahpahaman antar lembaga. Setelah beberapa kali berlangsung diskusi, kegiatan diakhiri dengan foto bersama dan penyerahan kenang-kenangan dari Bawaslu DIY untuk PTUN.

   
   

Informasi Layanan Dan Pengaduan  

 

 

 

 

 

   

Informasi Cepat  

 

 

   

Link Terkait  

   

Lokasi PTUN YOGYAKARTA Samping  

   

Statistik Website  

1067499
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu lalu
Bulan ini
Bulan lalu
Semua Hari
1122
1398
6593
654421
22085
22111
1067499
IP Anda: 34.231.247.88
2022-05-28 16:48
   
© Copyright © 2019 Tim - IT Pengadilan Tata Usaha Negara Yogyakarta